Cara Mengatasi Mata Merah, Gatal dan Berair Secara Alami

Cara Mengatasi Mata Merah, Gatal dan Berair Secara Alami merupakan salah satu cara terbaik yang sedang banyak dicari oleh masyarakat saat ini. Namun yang jadi pertanyaannya adalah, apakah ada bahan alami yang dapat dijadikan sebagai Obat Mata Merah, Gatal dan Berair yang mampu membantu mengatasi mata merah gatal dan berair yang sedang diderita ? Nah dalam artikel kali ini akan dibahas informasi mengenai Bahan Alami untuk Mengatasi Mata Merah, Gatal dan Berair.

Akan tetapi sebelum kita bahas informasi mengenai hal tersebut, alangkah baiknya jika telebih dahulu kita mengentahui informasi tentang hal yang menjadi penyebab mata merah, gatal dan berair.

Mata Merah, Gatal dan Berair
Mata Merah, Gatal dan Berair memang sangat mengganggu. Bukan hanya terasa tidak nyaman, kondisi ini juga dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Kondisi ini dapat terjadi oleh berbagai faktor. Berikut informasi mengenai Penyebab Mata Merah, Gatal dan Berair.

Cara Mengatasi Mata Merah, Gatal dan Berair Secara Alami


Penyebab Mata Merah
Dari luar, mata merah bisa membuat bagian putih mata Anda terlihat merah sepenuhnya atau hanya berupa garis-garis merah. Hal ini terjadi karena pembuluh darah di mata membengkak atau mata sedang mengalami iritasi. Kondisi ini bisa disebabkan juga oleh banyak hal seperti alergi, mata lelah, infeksi, luka pada mata, atau bisa juga menandakan penyakit mata yang lebih serius seperti ulkus kornea atau glaukoma. Beberapa hal umum yang menjadi penyebab mata merah:

1. Konjungtivitis
Konjungtivitis adalah salah satu infeksi pada mata yang paling umum dan juga menular. Adanya peradangan di konjungtiva, yaitu lapisan jaringan tipis yang menutupi bola mata dan permukaan bagian dalam kelopak mata merupakan penyebab umum dari penyakit ini. Hal ini menyebabkan pembuluh darah pada mata membengkak, membuat mata terlihat merah, dan seakan-akan terasa kesat.

Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada mata, mulai dari debu, infeksi, atau karena alergi. Biasanya konjungtivitis yang disebabkan oleh alergi akan menimpa kedua belah mata dan terasa gatal luar biasa. Sementara konjungtivitis yang disebabkan oleh virus awalnya menimpa satu mata terlebih dahulu hingga membuat mata berair, barulah setelah beberapa hari, mata kedua pun mulai turut memerah. Konjungtivitis yang disebabkan bakteri membuat mata terus-menerus mengeluarkan kotoran, disertai kerak di sekitar kelopak.

2. Kelelahan
Terlalu lama bekerja di depan komputer bisa membuat mata lelah, kering, atau justru berair terus-menerus. Selain itu, Anda juga cenderung merasa sakit kepala dan kelelahan luar biasa. Mata berkedip lebih jarang saat Anda bekerja di depan komputer. Hal inilah yang kemudian membuat mata kering dan merah. Pastikan untuk beristirahat tiap beberapa jam dan teteskan obat mata jika diperlukan supaya mata tetap lembap dan sehat.

3. Mata Kering
Air mata berfungsi sebagai penangkal infeksi, pelumas yang menjaga kelembapan mata dan membersihkan kotoran serta debu yang ada. Seiring bertambahnya usia, kelembapan mata akan menurun.

Sindrom mata kering terjadi ketika kelenjar air mata tidak memproduksi cukup banyak cairan mata, baik dari segi kuantitas dan kualitas, atau karena terlalu banyak air mata yang menguap ke udara. Ini membuat mata kering dan teriritasi sehingga terlihat merah.

Mata kering juga bisa dipicu oleh cuaca panas dan kering atau berangin, penggunaan lensa kontak secara terus-menerus, atau peradangan pada kelopak mata.

4. Luka
Cedera pada mata, misalnya karena kecelakaan atau kecerobohan, goresan kecil yang menyebabkan kornea lecet, baru menjalani operasi, atau luka bakar dapat menyebabkan mata merah. Ini terjadi karena pembuluh mata Anda melebar untuk mengalirkan lebih banyak darah ke lokasi cedera sehingga penyembuhan dapat berjalan lebih cepat. Jika pembuluh darah pada mata ikut terluka, pendarahan akan terjadi Jika ada benda asing yang tidak sengaja masuk dan melukai mata, segera temui dokter agar dapat segera ditangani.

Penyebab Mata Gatal
Gatal di bagian mata tentu membuat Anda sangat tidak nyaman dalam melakukan beragam aktivitas. Saat gatal, spontan Anda pasti akan menggaruk mata dengan menggosoknya atau mengucek secara kasar.

Perlu diingat, bahwa menggosok-gosok mata saat gatal bisa menambah iritasi, menyebarkan kuman dan menyebabkan infeksi. Sehingga jika berlebihan dan sering bisa merusak bola mata.

Seperti dilansir Fox News, Rabu (16/11/2016), berikut ini adalah beberapa penyebab paling umum gatal pada mata.

1. Mata merah
Jika mata gatal dan berwarna merah muda atau merah, air keluar dari mata atau salah satu gejala mata merah klasik lain, kunjungi dokter mata. Anda mungkin perlu konsumsi antibiotik, tetapi semua tergantung pada apa yang menyebabkan mata merah.

Sebaiknya, hindari menyentuh mata Anda karena dapat menular ke mata yang lain atau orang lain.

2. Mata tegang akibat gadget
Terlalu sering menggunakan gadget dapat membuat mata tegang. Ini menyebabkan stres pada mata dan membuat mata terasa gatal. Mata yang tegang juga dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, susah fokus dan berdampak pada penglihatan jangka panjang.

3. Makanan, hewan atau alergi lingkungan
Mata gatal biasanya merupakan gejala khas dari alergi mata. Alergi konjungtivitis pada dasarnya adalah reaksi alergi mini.

4. Mata kering
Kondisi ini biasanya terjadi ketika seseorang tidak memiliki cukup kualitas air mata untuk melumasi dan menyehatkan mata. Mata kering masalah yang paling sering terjadi dan sering kronis, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Mata kering perlu diobati karena mata kering kronis menyebabkan rasa panas terbakar, gatal atau menyengat mata, kabur dan mata yang berair.

Untuk beberapa alergi bisa di karenakan makanan, lingkungan, atau musim alergi mata. Orang juga bisa mendapatkan gatal mata dari hanya terkena bulu hewan. Saat menyentuh hal-hal yang merupakan alergen, kemudian menyentuh mata, inilah yang dapat sebabkan mata gatal.

5. Produk yang bisa mengiritasi
Beberapa bahan kimia atau bahan dalam produk perawatan pribadi dapat menyebabkan kontak dermatitis, ruam dan gatal pada kulit. Ini adalah reaksi alergi yang tertunda terhadap alergen dan umumnya dapat menyebabkan kulit memerah di sekitar kelopak mata.

Obat tetes mata dapat menghindari kemerahan yang terjadi serta membantu mata tetap basah juga meringankan gatal.

6. Memakai lensa kontak
Jika Anda memakai lensa kontak sehari-hari, Anda mungkin akan mengalami gatal untuk beberapa alasan. Penggunaan lensa kontak jangka panjang dapat meningkatkan risiko mata menjadi kering. Alergen juga dapat berkumpul dalam lensa dan membuat gejala alergi lebih buruk.

Alergi lensa kontak juga dapat berkembang menjadi konjungtivitis papiler yang dapat membuat mata menjadi sensitif, merah dan gatal.

7. Peradangan kelopak mata
Penyebab paling umum radang pada kelopak mata adalah bakteri staph. Penyakit yang dalam istilah medis dikenal Blepharitis tersebut menyebabkan bola mata gatal, merah, berair, bengkak, atau kering. Seringkali, sisik seperti ketombe terbentuk di kelopak mata dan memenuhi area bulu mata.

8. Ada debu atau benda asing di mata Anda
Apakah itu debu, pasir atau binatang kecil dan benda asing lainnya yang masuk ke mata dapat menyebabkan gatal, iritasi dan sakit pada mata. Menggaruk benda asing dalam mata dapat mengakibatkan abrasi kornea yang meningkatkan risiko infeksi dan menyebabkan jaringan parut kornea.

Cobalah untuk membilasnya keluar dengan air atau obat tetes mata tanpa bahan kimia. Jika masih gatal atau sakit, itu mungkin karena benda asing tersebut telah menggores sedikit mata Anda.

Penyebab Mata Berair
Mata yang terlalu kering akan membuat penglihatan tidak nyaman, namun tahukah Anda mata yang terlalu berair juga dapat menyebabkan kerusakan mata?

Mengutip laman Medicine Net, ditulis Selasa (1/11/2016) kelenjar lakrimal atau kelenjar air mata yang terletak di atas mata memang berfungsi untuk mengeluarkan air mata. Fungsi dari air mata sendiri untuk membuat kelembaban mata agar tercegah dari kerusakan pada kornea dan kekeringan mata.

Namun kondisi mata yang terlalu sering berair dapat menyebabkan infeksi dan peradangan yang tidak normal. Ketika mata terlalu banyak mengeluarkan air justru dapat menyumbat saluran air mata yang menyebabkan iritasi pada kornea dan pembengkakan mata.

Berikut Beberapa Penyebab Mata Berair :
  1. Faktor cuaca atau lingkungan di sekitar mata, seperti asap, angina, atau sinar yang terlalu terang.
  2. Mata lelah.
  3. Tersumbatnya saluran air mata.
  4. Ada benda asing atau bahan kimia di mata.
  5. Flu.
  6. Alergi.
  7. Radang kelopak mata.
  8. Konjungtivitis.
  9. Infeksi salah satu bagian mata.
  10. Bulu mata tumbuh ke dalam.
  11. Pengaruh obat-obatan.
  12. Gangguan tiroid.
  13. Sinusitis kronis.
  14. Terapi radiasi
  15. Tumor.
  16. Bell’s palsy.
Mata berair juga terkait dengan usia. Kondisi ini umum terjadi pada bayi dan kalangan berusia lebih dari 60 tahun. 

Kebanyakan, mata berair tidak membutuhkan perawatan khusus karena dapat membaik dengan sendirinya. Namun terkadang, kondisi ini bisa menjadi masalah kronis sehingga membutuhkan penanganan khusus.

Berikut beberapa cara mengatasi mata berair :
  • Mengompres mata dengan handuk basah hangat selama beberapa kali dalam sehari bisa mengatasi saluran air mata yang tersumbat.
  • Obat tetes mata mungkin bisa Anda gunakan untuk menangani mata kering.
  • Dokter mungkin meresepkan obat antibiotik untuk mengatasi mata berair yang disebabkan oleh konjungtivitis atau infeksi mata lainnya.
  • Jika penyebabnya alergi, mengonsumsi obat antihistamin bisa membantu mengatasinya.
  • Tindakan medis minor bisa dilakukan untuk mengatasi bulu mata yang tumbuh ke dalam atau ada benda asing pada mata.
  • Dokter mungkin merekomendasikan jalur operasi jika terjadi penyumbatan pada saluran air mata Anda.
Mata berair pada bayi biasanya disebabkan oleh penyumbatan saluran air mata. Biasanya penyumbatan saluran air mata pada bayi bisa membaik dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus.

Tapi, Anda bisa mempercepat penyembuhan dengan cara memijat saluran air mata tersebut menggunakan jari telunjuk yang bersih. Lakukan pijatan lembut dimulai dari sudut mata bayi Anda lalu berakhir ke bagian mata yang berdekatan dengan hidung. Pijatan ini bisa dilakukan selama beberapa kali tiap harinya selama beberapa bulan.

Cara Mengatasi Mata Merah, Gatal dan Berair Secara Alami


Terdapat beberapa bahan alami yang dapat membantu anda dalam mengatasi Mata Merah, Gatal dan Berair. Beberapa diantaranya yaitu :

Teh hijau
Teh hijau dapat mengobati rasa gatal pada mata Anda juga. Kandungan anti-inflamasi dalam teh hijau, dapat menenangkan rasa gatal pada mata Anda. Buatlah air rebusan dari teh hijau,saring dan setelah dingin, basuh mata Anda dua kali sehari. Ulangi prosedur ini selama seminggu untuk hasil yang terbaik.

Mentimun
Sifat Pendinginan dan anti-iritasi yang dimiliki mentimun, dapat membantu dalam mengurangi pembengkakan dan iritasi yang menyebabkan gatal pada mata. Dinginkan irsan mentimun dalam lemari es dan tempatkan pada mata Anda. Biarkan selama 10 menit . Ulangi cara ini, sebanyak 4-5 kali sehari.

Air mawar
Air mawar dapat juga digunakan untuk mengobati rasa gatal pada mata Anda. Hal ini, karena air mawar mengandung zat yang dapat menenangkan serta mendinginkan, sehingga dapat membantu mengobati iritasi dan gatal-gatal pada mata Anda. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, basuh mata Anda, dua kali sehari dengan air mawar

Susu dingin
Susu adalah salah satu cara yang paling populer untuk mengobati rasa gatal pada mata. Celupkan bola kapas dalam susu dingin. Oleskan di sekitar mata Anda untuk efek pendinginan yang instan. Lakukan ini dua kali sehari ( di pagi hari dan di malam hari ) untuk hasil yang terbaik.

Lidah buaya
Lidah buaya dikenal kaya akan zat yang dapat menenangkan dan melembabkan. Ini adalah obat alami yang efektif untuk mengobati mata kering, sakit dan rasa gatal pada mata Anda. Anda dapat membuat ramuan dari jus lidah buaya dan satu sendok teh madu, basuh mata Anda dengan ramuan ini, dua kali sehari .(Anai)

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Mengatasi Mata Merah, Gatal dan Berair Secara Alami. Semoga saja informasi yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat untuk semuanya.

Cara Mengatasi Mata Merah, Gatal dan Berair Secara Alami

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Cara Mengatasi Mata Merah, Gatal dan Berair Secara Alami"

Poskan Komentar